RSS

Author Archives: ombento

About ombento

just an ordinary people

Ayo utak-atik hape

dah lama g nulis yang ginian.

kebetulan hapeku bermerk nokia dengan tipe X6. hape ini menggunakan OS Symbian S.60 5th atau biasa disebut symbian v 9.4. dengan versi firmware V.21.0.004. selengkapnya bisa anda liat di sini. bukan hapenya yang mau saya bahas, mungkin review dari gsmarena sudah lebih dari cukup untuk diketahui. yang mau saya bahas yaitu program-program yang ada di dalamnya.
mungkin ada sebagian dari anda yang bilang sekarang jamannya android, symbian dah ketinggalan. hihi.. yah memang seperti itulah adanya. tp saya g peduli wong punyannya cm itu ko. lagian klo diliat2 fungsinya lebih dari cukup untuk saya. oke mari kita liat apa aja program yang saya gunakan.

1. Tampilan.
Home Screen: untuk tampilan home screen saya menggunakan SPB Mobile Shell. jadi tampilan hape saya sudah selangkah lebih maju yaitu mirip dengan symbian 3 kaya punya N8. Banyak widget menarik yang ada di dalamnya.
Themes: banyak tema di hape saya, tp saya lebih suka yang tampilannya back to nature. banyak sekali penyedia theme untuk hape ini. jadi silakan anda pilih sesuai selera. cari aja di google atau kalo males bisa PM saya.

2. Programms
berhubung saya orangnya agak usil dan senang coba-coba, banyak sekali program yang saya coba untuk diinstal di hape saya. ada yang sukses membuat saya mengetik *#7370* alias hard reset ada juga yang sukses bertahan di hape saya. Nah ini program2 yang masih ada di hape saya:

Advance device lock (ADL): program buat yang mau mempassword aplikasi maupun storage di hape. yang pengen messagingnya di password juga bisa pakai ADL.
Dictionary : saya pakai MOT dictionaries, kamus yang bisa macem2 bahasa. untuk defaultnya saya pakai bahasa inggris dan target dibikin bahasa indonesia dan jerman saja. lumayan bagus programnya.
Greencharging: software tambahan untuk kasih tau klo baterai kita penuh. lumayan untuk menghemat listrik dan memperpanjang umur baterai.
iSMS: aplikasi biar tampilan smsnya seperti iphone. banyak fasilitas tambahan di dalamnya. lumayan bagus.
Kaspersky Mobile Security (KMS) 9.0: ni antivirus yang saya pakai.. mungkin sebagian dari anda tidak asing lagi dengan kaspersky. untuk versi mobile, terdapat fasilitas yang lumayan lengkap misalnya firewall, enkripsi data, dan black list unwanted sms maupun telepon
Mute camera: sebuah aplikasi kecil biar kameranya tidak bunyi “cekrek” pas take picture.
nUnlock: hihihi.. klo yang ini sih biar tampilan unlock screennya mirip iphone. Alasan sebenarnya sih biar hardwarenya awet karena kebetulan hape ini menggunakan sebuah tombol geser di samping untuk kunci maupun buka screennya. takutnya klo keseringan digeser2 bakal cepet rusak
Operamini 6: yups, klo yang ini jelas buat browsing, sebenarnya ada opera mobile untuk hape symbian tp sepertinya yang ini lebih nyaman untuk digunakan
Quick Office: bawaan hape. dari namanya sepertinya dah ketahuan fungsinya ya. ^_^
Real Player: bawaan hape juga nih.. dah pada tau kan??
Uninstalking: ni fungsinya menggantikan application manager. mungkin mirip sama revouninstaller buat komputer
Voxtrack: klo yang ini buat ngrekam pembicaraan telepon kita. bisa dijalankan otomatis maupun manual. hasil rekamannya cukup jernih.
Youlu Address Book: aplikasi ini juga cukup recommended, selain memudahkan memanage phonebook aplikasi ini juga bisa untuk membaca sms. klo diliat2 sih mirip sama isms di atas.

nah itu aplikasi yang sedang terpasang di hape saya.  pengen sih diuraikan satu-satu, tp sepertinya sudah banyak reviewnya di internet. Klo ada yang mau ditanya2 monggo tanyakan saja di sini atau lewat hape jg gpp.

 
Leave a comment

Posted by on May 25, 2011 in hape, utak atik

 

Jangan Pelit!

klo kamu orang pengen cepet sertifikasi jangan pelit. ikuti aturan maen orang. jadi jangan salahin atasan kamu orang. kemaren saya baru lolosin anak buah saya.. syaratnya ya itu. jangan pelit..
*obrolan di tempat fotokopi depan dinas yang identik dengan kata sertifikasi

 
Leave a comment

Posted by on May 23, 2011 in segores pena

 

Key To Success

=YOU MUST CONTROL YOUR EMOTIONS AND MOODS=

1. Do not allow your plans to be altered by what you ‘feel’ or by chance events.

2. Succesful people remain consistent, despite difficulties.

3. Place a positive perspective on everything that happens.

4. Control any negative moods before they escalate and control you.

5. Give yourself time for rest and recreation so that you return both refreshed and strengthened to the task in hand.


6. Remember your achievements and celebrate them.

7. Put the past behind you.

8. Learn to remain calm and in control.

Ni versi indonesianya… CMIIW

1. Jangan biarkan rencana2 matang anda berubah haluan karena apa yang anda rasakan “feeling anda” atau karena sebuah kejadian yang berubah tiba2.

2. Orang-orang sukses akan selalu bersikap konsisten, walaupun diliputi kesulitan2 dan rintangan.

3. Orang sukses selalu berpandangan positif atas segala sesuatu yang terjadi, baik itu kejadian baik ataupun buruk.

4. Kendalikan segala mood negatif anda sebelum mereka (mood tersebut) membesar dan malah berbalik mengendalikan anda.

5. Berikan diri anda jedah waktu untuk beristirahat dan berekreasi sehingga diri anda akan kembali menjadi segar dan “kuat” kembali untuk menghadapi tugas2 yang menanti.

6. Orang sukses sudah selayaknya mengingat dan memikirkan apa yang telah mereka capai dan merayakannya (namun jangan secara berlebihan).

7. Tempatkan “masa lalu” di belakang anda dan jangan sampai anda terperangkap di dalamnya.

8. Dan yang terakhir, Berusahalah untuk selalu bersikap tenang, kalem dan kendalikan diri anda dalam setiap menghadapi segala masalah.

 
Leave a comment

Posted by on May 21, 2011 in Tips dan Trik

 

sepenggal kisah di dalam bis

Berakhir sudah rangkaian libur cuti dadakan. Malam itu aku pun bersiap untuk kembali ke tempat tugas. Kupilih bis yang berangkat paling awal dan tanganku menunjuk nomor tiga belas menjadi tempat duduk selama perjalanan.

Jam 7 lebih sekian aku pun memasuk bis yang masih kosong. Sesuai jadwal, bis akan berangkat jam 8 malam. Lirik kanan kiri sebentar dan saya dapatkan kursi bernomor 13. Setelah menata tas di bagasi atas, saya pun bersiap istirahat, tp ternyata rencana saya tidak berjalan mulus. Sandaran kursinya tidak mau tegak, di utak utik sendiri malah tambah rusak.. hihihi..
Akhirnya tanpa rasa bersalah kucari kondektur bis dan kubilang kursinya rusak. Aku pun berjalan2 keluar sebentar sambil menunggu kursi diperbaiki. Masih ada waktu beberapa puluh menit. Baru berkeliling sebentar aku kembali lagi menuju bis. Rasa lelah mengalahkan keinginanku untuk sejenak memandang bulan di atas tugu monas.

Hap.. hap.. hap..

Kulangkahkan kaki menaiki bis dan langsung menuju kursi bernomor 13. Kugoyang2kan sebentar sandarannya.. hmmm.. Alhamdulillah ternyata sudah diperbaiki. Kulihat sekeliling sudah mulai penuh, walaupun masih setengah jam lagi bisnya berangkat. Langsung kuambil semua peralatan tempur, selimut, bantal dan jaket. Tiba saatnya untuk tidur.

Eits.. Ternyata ceritanya belum selesai. Masih ada kelanjutannya. Salah satu yang kusukai dengan angkutan umum seperti bis yaitu beragam cerita ada di sana. Ada suka dan duka, tangis dan tawa bercampur dalam kungkungan besi kotak beroda enam.

cerita 1.

Malam itu, di sebelahku ada satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan ketiga anaknya. Begitu mereka selesai membereskan barang bawaannya, sang ayah yang ternyata cuma nganter pun pamit kepada istri dan anak2nya. Tp ternyata anak yang paling kecil tidak mau ayahnya turun dari bis. Anak bungsunya berumur sekitar 3 tahun.

Dialognya kira-kira seperti ini.

Ayah : ati2 ya nak..
Anak : papah di sini ajah, papah jangan turun.. (sambil merengek)
Ayah : iya ayah nanti pulangnya hari sabtu ya, kan papah harus kerja dulu.
Anak : g boleh.. pokoknya ayah duduk di situ aja. (pintanya sambil menunjuk salah satu bangku yang kosong.)
Ayah : itu punya orang nak, ayah duduk di depan saja ya..
sang ayah pun pamitan lagi kepada anak2 yang lainnya dan berjalan ke arah pintu keluar bis diiringi tatapan tajam anak bungsunya. sampai di dekat pintu sang ayah pun melambaikan tangannya.
Anak : ayah jangan turun…
Pinta anaknya dengan diiringi tangis yang semakin keras. Tak tega melihatnya sang ayah pun mendatangi anaknya dan langsung mencium keningnya. Sang ayah berdiri dan terdiam. Setelah agak lama dirayu oleh ibu dan kakak2nya barulah si bungsu merelakan ayahnya turun dari bis.

Hmm… Pernahkah anda mengalaminya?
Perpisahan dengan orang-orang yang dicintai memang terkadang terasa berat atau malah sangat berat. Namun itulah bukti cintanya, terpaksa berpisah dengan anak dan istri untuk menafkahi mereka.

cerita 2.

Di bangku belakangku ada satu rombongan keluarga sekitar delapan orang. Ramai sekali.. Kukira mereka semua akan berangkat tp ternyata hanya dua orang yang berangkat. Duduknya persis di bangku belakangku. Jika ada yang menarik perhatianku adalah pesan sang ibu kepada anaknya.

Ibu : mamah minta maaf ya nak, sudah jangan kamu pikirkan wanita itu lagi. yang penting kamu jaga lila ya. Dialah hartamu. rawat dia dan jangan sampai ribut lagi dengan membawa2 lila. pokoknya jaga dia
Anak : iya mah, saya juga udah maafin dia. Saya pasti jaga cucu mamah. Mamah jangan terlalu khawatir.

Apa inti cerita kedua itu? anda tafsirkan sendiri saja. 🙂

Klakson bis berteriak kencang memerintahkan para pengantar untuk turun dari bis. Tampak mereka berbondong-bondong turun. Suasana bis menjadi hening, lampu besar ditengah bis pun dimatikan mempersilakan para penumpang untuk beristirahat. Terbayang kejadian2 tadi yang membuatku tahu jika semua orang tentu punya masalah. Berat ataupun ringan, besar ataupun kecil yang akan menjadi ujian dalam dinamika kehidupan di dunia fana ini.

Matakupun terpejam dan pikiranku berjalan ke lorong-lorong gelap sampai akhirnya terbersit sebaris rasa rindu yang mendalam. Rindu dengan kampung halaman, orang tua, keluarga dan semuanya.

 
2 Comments

Posted by on May 19, 2011 in segores pena

 

susahnya…

sudah lama g ngeblog, tangan jadi gatel..
🙂
lagi semangat2nya mau nulis, ternyata gagal login. kata om google passwordnya g match. yaudah langsung klik lupa pasword atau sejenisnya… dikirimlah link untuk reset password ke imel yahooku, kebetulan itu yang buat login. step berikutnya dah jelas dong, masuk ke yahoo.
dan kali ini saya gagal login lagi, kasusnya sama. lupa password. hmm.. udah nanggung. klik aja buat reset password yahoo. setelah sekian tahap, ternyata akun alternatifnya adalah be…@plasa.com. waduh waduh.. itu kan imel pertamaku dan entah berapa tahun dah g dibuka. seingatku imel di plasa akan dinonaktifkan jika 6 bulan tidak ada kegiatan. yowislah, coba-coba aja buka plasa.com.
ternyata tampilannya baru dan bikin bingung. langsung kumasukin akun dan pasword buat login.. klo yang ini inget terus coz imel pertama yang penuh kenangan. ^_^
abrakadabra..
ternyata sukses.. bisa masuk.  

Alhamdulillah.

tp ko jadi masuk ke windows live, setelah utak atik sana sini ternyata ada link bertuliskan email. di situlah link imel plasa yang sebenarnya.

dimulailah proses peresetan pasword satu per satu.

dan hasilnya..
tulisan ini.

 
Leave a comment

Posted by on May 18, 2011 in segores pena

 

pulsaku dicuri

dah lebih dari sebulan g isi pulsa reguler im3. gara2nya dpt sms dari 3151. isinya tentang hemat dan diskon2. seingat saya, saya g pernah berlangganan yang gitu2an. karena menurut saya, itu justru lebih boros dengan memotong pulsa kita setiap harinya. dan isinya sangat sering tidak kita butuhkan. hampir tiap hari saya menerima sms dari 3151 tp akhirnya sms itu tidak muncul lagi ke inbox hape setelah pulsa saya habis.. :hammer:

awal bulan ini saya isi pulsa reguler yang 25 ribu. rencananya saya gunakan untuk menelepon. setelah selesai, saya coba cek pulsa dan sisanya masih banyak. dan mulailah penyakit itu datang lagi. hampir tiap hari dikirimin sms dari 3151 dan habislah pulsa saya seiring dengan habisnya kesabaran saya. saya coba ketik UNREG dan kirim ke 3151 namun sms Not Sent. sempat terpikir untuk ganti nomor saja. tp ribet nantinya..iseng2 saya browsing.. tanya mbah google. “sms dari 3151” demikian kata kuncinya.. dan hasilnya ternyata tidak sedikit yang mempunyai masalah sama seperti saya. bukan hanya indosat, operator yang lainnya pun seperti itu. di salah satu blog, tertulis cara2 untuk berhenti. diantaranya: “Unreg Hemat”. dan itulah cara yang benar untuk berhenti untuk kasus saya.

sms (mudah2an) terakhir dari 3151:
“HEMAT: Disc.25%(min.75rb,Mandiri)di Excelco Coffe, Blok M Plaza, JKT. Valid until 31 Dec 2010. CS: 0217807553”

satu pertanyaan yang belum terjawab.
kenapa saya bisa mendapat sms dari 3151? saya g pernah sekalipun ikut2an program seperti itu.berapa kerugian yang diderita oleh pelanggan..
jika satu orang dipotong pulsa 2000 per hari dan ada 1000 pelanggan yang terkena sms penyedot pulsa seperti saya, maka setiap hari provider mendapatkan keuntungan 2jt rupiah. setahun sudah hampir 1 milyar.. luar biasa….

kenapa masih saja menggunakan cara2 curang seperti itu???

 
2 Comments

Posted by on October 6, 2010 in segores pena, tahukah kamu

 

tanya kenapa?

seorang staff di kantor itu bersiap untuk duduk dan memulai bekerja kembali. dia pun menggunakan jurus andalannya, memakai masker. ketika sedang memasang masker itu di wajahnya lewatlah salah seorang pejabat di kantor itu. “di dalam ko pake masker??” tanya pejabat itu kepada sang staff. 
“asapnya pak..?” jawab staff itu.
memang di kantor yang berAC dan tertutup itu masih banyak orang yang (seolah2) tidak tahu aturan dengan merokok di dalamnya. tentu saja itu sangat mengganggu terutama yang tidak merokok.
“bukannya g boleh merokok?” pejabat itu meluncurkan sebuah pertanyaan teroris.
staff itu tidak menjawab, hanya tersenyum mendengar pertanyaan itu.

“bukannya MUI sudah memfatwa HARAM rokok ya?”
“bukannya Dokter bilang klo rokok itu tidak bagus untuk kesehatan ya?”
“bukannya rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia?’
“bukannya yang bikin rokok dah bilang kalo Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin?” (tanya penulis dalam hati)

Lalu logika mana yang membuat kamu tetap merokok? alasan apa yang akan kau berikan kepada kami yang setia menutup hidung dengan masker gara2 asap rokok yang kamu keluarkan??


 
Leave a comment

Posted by on October 5, 2010 in segores pena

 

kesal

Gara-gara ketemu begal
Badanku jadi pegal-pegal
Kirain mereka mau berbuat brutal
Untung saja tidak ada yang fatal
Tp tetap aja kesal
Memang nasib sedang sial
Semua rencana jadi batal
Dasar Begal
Benar-benar gagal




-beni-tegal-

 
2 Comments

Posted by on September 29, 2010 in segores pena

 

Kotabumi ok juga ternyata

signal telkomsel ilang. tidak terdeteksi signal 3g-hsdpa-nya. alhasil telkomsel flash pun tidak berdaya untuk berselancar di dunia maya. mungkin klo balapan dengan siput pun masih kalah. kebetulan jg ada perlu untuk upload sebuah file. tidak besar sih.. cuma 1,5 MB. dicoba dari jam 2 malem sampai subuh g bisa-bisa. duh…
akhirnya dicoba di kompres sekalian di split jadi 200an KB. masih g bisa jg mengunggah file sekecil itu.
ya Alloh, paringono sabar. Akhirnya displit lagi menjadi masing2 45 KB. Alhamdulillah bisa. tp banyak banget.
g enak sama yang nrima imel, akhirnya dibatalkan pengiriman file2 pecahan itu.
jam 6 pagi cek sinyal, hasilnya nihil.

terpaksa dibulatkan tekad untk ke warnet. deket kosan ada warnet 24 jam. dengan motor bututku, pagi2 langsung meluncur ke TKP. yee.. sampai di sana baru mau di sapu2. kata abang yang jaga sih bentar lagi. ah mending cari makan dulu. motor dinyalain lagi dan langsung meluncur ke tempat bubur ayam. Alhamdulillah kenyang.
balik lagi ke warnet, masih sepi. iseng2 tanya abang yang jaga. gimana speednya bang?. tenang aja mas, di sini cepet dan murah. pede banget dia, pikirku. 
langsung kucoba, agak hati2 sama warnet. pertama nyalain task manager. ternyata di disable. akhirnya hijack dinyalain. liat2 proses, takut ada keylogger. hasilnya aman…
akhirnya misi utama dijalankan dan sukses dalam waktu cepat sekali. wah.. ternyata abangnya g boong. iseng2 lagi buka speedtest hasilnya:

pengen buktiin tu cuma angka atau emang bagus. buka google cari2 file yang kira2 gede. dpt file 100an MB. didonlot tanpa akselerator dan wow.. speednya sampai 250 KBps. luar biasa…
wah recommended bgt nih warnet.
ternyata warnet di kotabumi, sebuah kota tua di lampung utara, oke juga. jd terpikir untuk segera berhenti berlangganan flash yang angin2an itu.
pengalaman pertama yang tidak mengecewakan. sudah 2 tahun lebih tinggal di sini tp baru pertama kali ke warnet.
^_^

 
Leave a comment

Posted by on September 26, 2010 in segores pena, tahukah kamu

 

g jelas

bulan purnama, tanggal tua, ditambah anak2 dah minta duit buat beli buku kuliahan.
haduh2..
mending ngeblog aja dulu.
tengah malem kunyalain laptop, langsung masuk ke jendela ekspi. startup dah selesai..
dilanjut buka2 file di komputer.. sret.. sret.. haduh, apalagi ini. kenapa komputer berjalan terseok2. nambahin pikiran aja
tiba2 teringat rencana kemaren untuk meng-inul laptopku. eits.. inul bukan penyanyi dangduts, bkn jg tempat karaoke. tp inul berarti instal ulang..
ya udah.. siapin semuanya.
langkah pertama… backup data. kebetulan drive c emang cuma buat windows.
selanjutnya siapin cd ekspinya.. terpaksa ngublek2 (mencari2 di antara tumpukan) isi kardus di kamar.. g ketemu.
buka tas laptop.. g ketemu.
cari di meja.. g ketemu juga.
hahaha.. ada2 aja cobaannya. akhirnya mbakar lagi. untung persediaan cd kosong masih ada.
setelah siap semuanya proses pun dimulai.
g ada yang menarik klo nginstal jendela ekspi, apalagi saking seringnya nginstal sampai hapal serial numbernya.
MR49R-dst
Alhamdulillah selesai pas adzan subuh.
pulang dari masjid, selesai menjalankan rutinitas harian, eiya, teringat rencana buat nge-blog.
akhirnya disiapin lagi semua program yang dibutuhkan.
singkat cerita, semuanya berjalan dengan lancar dan mulailah saya menulis lagi.
udah ah.. mataku cape. gantian tanganku yang mau olahraga. cucian sudah setia menanti..
^_^

*tulisan paling g jelas, dipenuhi banyak masalah dan keluhan namun semuanya terselesaikan. Alhamdulillah.

 
Leave a comment

Posted by on September 25, 2010 in segores pena